Jumat, 27 Mei 2011

PENTINGNYA KUALITAS DIRI DI DUNIA KERJA

Siapa yang tidak menginginkan bekerja di perusahaan besar?. Pastinya hal ini merupakan impian besar bagi setiap pencari kerja. Semakin banyak terpenuhinya kualifikasi yang diminta pihak perusahaan oleh setiap pencari kerja maka akan semakin besar juga kesempatan akan diterimanya bekerja diperusahan tersebut. Memang bukan perkara yang mudah untuk memiliki kualifikasi diri yang baik atau di atas rata - rata, perlu usaha dan kerja keras hingga persiapan diri yang matang untuk memasuki dunia kerja.

Tips berikut dapat membantu kamu para fresh graduate untuk meningkatkan kualifikasi dan percaya diri kamu dalam mendapatkan pekerjaan :


Tentukan target sesuai dengan minat, background pendidikan, kemampuan, dan keahlian kamu. Background pendidikan menjadi faktor utama yang menentukan bidang pekerjaan yang nantinya akan kamu tekuni. Setelah itu, minat, kemampuan, keahlian akan mendukung diri kamu untuk lebih merasa nyaman dalam menekuni pekerjaan kamu nantinya. Walapun, saat bekerja akan ada beberapa faktor lain yang membuat diri kamu memilih bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan background pendidikan kamu. So, kenali diri dengan sangat baik, pertanyakan kepada diri kamu pekerjaan apa yang paling sesuai dengan kamu. Karena masa depan kamu yang menentukan.

Siapkan career portfolio. Adalah dokumen pertama yang dilihat oleh perusahaan saat kamu melamar pekerjaan. Melalui surat lamaran, Curriculum Vitae (CV), Ijazah, Transkip Nilai, contoh beberapa project yang pernah kamu kerjakan saat kuliah dan dokumen-dokumen lain akan memberikan gambaran awal mengenai diri dan kemampuan yang kamu miliki. Maka itu, siapkan dengan sangat baik dan buat selengkap dan semenarik mungkin agar perusahaan memberikan nilai lebih kepada kamu.

Tingkatkan keterampilan pendukung. Selain kemampuan bidang akademik, kamu juga memerlukan beberapa keterampilan tambahan yang akan meningkatkan kualifikasi dan kualitas diri kamu. Seperti, keterampilan bahasa asing, pengoperasian komputer dan penggunaan aplikasi pendukung pada komputer, dan keterampilan lainnya.

Bangun rasa percaya diri sebaik mungkin. Tanpa rasa percaya diri yang baik, kemampuan dan keahlian tidak akan terlihat dengan jelas. Yakinkan diri kamu bahwa kamu memiliki kelebihan, singkirkan rasa minder dan pesimis kamu. Jika kamu tidak percaya dengan diri sendiri bagaimana orang lain dapat percaya dengan keahlian dan kemampuan yang kamu miliki.

Buka peluang untuk diri sendiri. Karir impian tidak akan pernah datang dan tercipta dengan sendirinya. Peluang akan selalu ada, bahkan kamu dapat menciptakan peluang tersebut. Dengan segala kecanggihan teknologi saat ini kamu dapat membuka dan membuat peluang karir dengan sangat luas. Lihat dunia dari sudut yang berbeda, pilih, tentukan dan raih karir impian mu sekarang juga.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites